Pada zaman sekarang ini teknologi sangat penting terutama
dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi akan membantu dunia pendidikan
dalam mencapai tujuannya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti internet
misalnya, dengan adanya internet para siswa dapat mencari refrensi lain dari
pelajaran mereka selain dari buku pegangan yang diberikan guru. Tentunya dalam
mengakses internet para siswa juga dibimbing untuk memilih mana informasi yang
positif dan yang negatif buat mereka. Berikut ini ada beberapa manfaat
teknologi dalam bidang pendidikan:
1. Dijadikan
alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa
2.
Merupakan salah satu sarana informasi yang
sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan
pengidentifikasian informasi yang diperlukan siswa
3.
Dapat dijadikan
sebagai perbandingan kepercayaan, perspektif, dan pandangan terhadap dunia
4.
Sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung
proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara didepan umum
5.
Dipergunakan untuk berdiskusi, penyampaian pendapat
serta membangun konsensus antar anggota
6.
Dapat dipergunakan sebagai mitra intelektual dalam
perananya untuk mendukung para pelajar
7.
Dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan
memprentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang sesuatu hal
8.
Dijadikan alat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan
sekolah yang menerapkannya
9.
Dapat membantu meningkatkan efektifitas serta
efisiensi proses belajar dan mengajar (siswa dan guru)
10. Dipergunakan
untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan
·
Revolusi Teknologi
Murid-murid dewasa ini tumbuh di
dunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orangtua atau kakek mereka
menjadi murid. Jika murid ingin siap kerja , teknologi harus menjadi bagian
integral dari sekolah dan pelajaran di kelas mereka. Revolusi teknologi
merupakan bagian dari masyarakat informasi dimana kita hidup. Orang menggunakan
komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi
baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar seperti:
keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam,
berpikir kreatif, dan bersikap positif. Akan
tetapi di dunia yang kini
berorientasi teknologi kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan
cepat.
Teknologi sudah menjadi bagian dari
sekolah selama beberapa dekade, tetapi masih dipakai secara sederhana dan
berubah dengan lamban. Namun masa sekarang ini teknologi sudah berubah drastis.
Misalkan seorang guru harus mengajar murid tentang ekologi gurun pasir. Untuk
sekolah yang tidak berlokasi di kawasan
gurun, pendekatan tradisoinalnya adalah menyuruh murid membaca topik dalam buku
ajar, atau mungkin dengan mengamati
beberapa reptil gurun ditetarium, mendengarkan pemaparan tentang topik. Cara
lain yang jauh berbeda adalah menggunakan paket CD-ROM di kelas untuk
mengeksplorasi ekologi gurun pasir. Murid mengekspolarasi siklus hewan dan
tumbuhan gurun membuat lingkungan gueun
dikomputer, menambah tanaman dan hewan di gurun, dan kemudian mencari tahu
apakah pilihan hewan dan tanaman mereka bisa bertahan hidup di gurun.
Penggunaan teknologi komputer dalam mempelajari kehidupan di gurun ini
menghasilkan pembelajaran yang lebih ekspolaratif dan interaktif ketimbang
hanya dengan membaca buku atau mendengar paparan deskripsinya dari guru. Namun,
walaupun berpotensi meningkatkan pembelajaran murid sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan
teknologi. Komputer masih sering dipaki untuk kegiatan yang biasa, bukan untuk
pembelajaran yang konsruktif dan aktif. Kenyataan ini berarti bahwa
pembelajaran di sekolah belum direvolusionerkan secara teknologis.
·
Internet
Internet adalah inti dari
komunikasi melalui komputer. Sistem
internet berisi ribuan jaringan komputer ynag terhubung di seluruh
dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
Worl Wide Web adalah sisitem
pengambilan informasi hypermedia yang
menghubungkan berbagai materi internet yang mencakup teks dan grafis. Website
adalah lokasi individu atau organisasi di internet. E-mail adalah singkatan
dari electronic mail dan merupakan bagian lain yang penting dari internet.
Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu
sekaligus.
Berikut ini beberapa cara
efektif untuk menggunakan internet dalam
kelas:
1. Untuk membantu menavigasi dan
mengintegrasikan pengetahuan. Internet mempunyai database informasi besar tentang
berbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. Saat murid
mengeksplorasi sumber-sumber internet, mereka bisa menempatkan sendiri karya
mereka dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintekrasikan informasi dari
beragam sumber.
2. Mendorong belajar bersama.
Salah satu cara paling efektif untuk
menggunakan internet di kelas adalah melalui aktivitas proyek atau tugas untuk
kelompok kecil. Internet punya banyak informasi yang berbeda-beda yang bisa di
manfaatkan tim untuk memperbaiki tugas atau penelitian mereka.
3. Menggunakan e-mail. Murid
dapat berkomunikasi dengan pakar melalui
e-mail, yang membebaskan beban guru
sebagai satu-satunya orang yang berpengetahuan di lingkungan pendidikan.
·
Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu
sosial. Misalnya, akankah penggunaan teknologi di sekolah, terutama komputer
akan memperlebar jurang perbedaan antara simiskin dan sikaya, atau pria dan
wanita? Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin
banyaknya komputer di rumah keluarga kelas menengah keatas. Juga problem
kesenjangan antar keloompok etnis.
Berikut beberapa rekomendasi untuk
mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer:
1. Saring
materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural dan etnis
2. Gunakan
teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan
konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender , etnis, dan
kultural
3. Beri
murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda
yang menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
4. Bicaralah
dengan orangtua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer di rumah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar