Selasa, 11 Maret 2014

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN




            Pada zaman sekarang ini teknologi sangat penting terutama dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi akan membantu dunia pendidikan dalam mencapai tujuannya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti internet misalnya, dengan adanya internet para siswa dapat mencari refrensi lain dari pelajaran mereka selain dari buku pegangan yang diberikan guru. Tentunya dalam mengakses internet para siswa juga dibimbing untuk memilih mana informasi yang positif dan yang negatif buat mereka. Berikut ini ada beberapa manfaat teknologi dalam bidang pendidikan:
1.      Dijadikan alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa
2.       Merupakan salah satu sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang diperlukan siswa
3.       Dapat dijadikan sebagai perbandingan kepercayaan, perspektif, dan pandangan terhadap dunia
4.      Sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara didepan umum
5.      Dipergunakan untuk berdiskusi, penyampaian pendapat serta membangun konsensus antar anggota
6.      Dapat dipergunakan sebagai mitra intelektual dalam perananya untuk mendukung para pelajar
7.      Dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang sesuatu hal
8.      Dijadikan alat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya
9.      Dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan mengajar (siswa dan guru)
10.  Dipergunakan untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan


·         Revolusi Teknologi
Murid-murid dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orangtua atau kakek mereka menjadi murid. Jika murid ingin siap kerja , teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan pelajaran di kelas mereka. Revolusi teknologi merupakan bagian dari masyarakat informasi dimana kita hidup. Orang menggunakan komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap positif. Akan  tetapi di dunia yang  kini berorientasi teknologi kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat.
Teknologi sudah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa dekade, tetapi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun masa sekarang ini teknologi sudah berubah drastis. Misalkan seorang guru harus mengajar murid tentang ekologi gurun pasir. Untuk sekolah yang tidak  berlokasi di kawasan gurun, pendekatan tradisoinalnya adalah menyuruh murid membaca topik dalam buku ajar,  atau mungkin dengan mengamati beberapa reptil gurun ditetarium, mendengarkan pemaparan tentang topik. Cara lain yang jauh berbeda adalah menggunakan paket CD-ROM di kelas untuk mengeksplorasi ekologi gurun pasir. Murid mengekspolarasi siklus hewan dan tumbuhan gurun  membuat lingkungan gueun dikomputer, menambah tanaman dan hewan di gurun, dan kemudian mencari tahu apakah pilihan hewan dan tanaman mereka bisa bertahan hidup di gurun. Penggunaan teknologi komputer dalam mempelajari kehidupan di gurun ini menghasilkan pembelajaran yang lebih ekspolaratif dan interaktif ketimbang hanya dengan membaca buku atau mendengar paparan deskripsinya dari guru. Namun, walaupun berpotensi meningkatkan pembelajaran murid  sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi. Komputer masih sering dipaki untuk kegiatan yang biasa, bukan untuk pembelajaran yang konsruktif dan aktif. Kenyataan ini berarti bahwa pembelajaran di sekolah belum direvolusionerkan secara teknologis.
·         Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem  internet berisi ribuan jaringan komputer ynag terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
Worl Wide Web adalah sisitem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet yang mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian lain yang penting dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.
Berikut ini beberapa cara efektif  untuk menggunakan internet dalam kelas:
1.      Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan. Internet  mempunyai database informasi besar tentang berbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. Saat murid mengeksplorasi sumber-sumber internet, mereka bisa menempatkan sendiri karya mereka dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintekrasikan informasi dari beragam sumber.
2.      Mendorong belajar bersama. Salah satu cara paling efektif  untuk menggunakan internet di kelas adalah melalui aktivitas proyek atau tugas untuk kelompok kecil. Internet punya banyak informasi yang berbeda-beda yang bisa di manfaatkan tim untuk memperbaiki tugas atau penelitian mereka.
3.      Menggunakan e-mail. Murid dapat berkomunikasi dengan pakar melalui
e-mail, yang membebaskan beban guru sebagai satu-satunya orang yang berpengetahuan di lingkungan pendidikan.
·         Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Misalnya, akankah penggunaan teknologi di sekolah, terutama komputer akan memperlebar jurang perbedaan antara simiskin dan sikaya, atau pria dan wanita? Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya komputer di rumah keluarga kelas menengah keatas. Juga problem kesenjangan antar keloompok etnis.
Berikut beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer:
1.      Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural dan etnis
2.      Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender , etnis, dan kultural
3.      Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
4.      Bicaralah dengan orangtua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer di rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar